Selasa, 19 Januari 2016

ILMU BUDAYA DASAR (paper 14)




Manusia dan Tanggung Jawab serta Pengabdian


Pengertian Tanggung  Jawab

            Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
            Tanggung  jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.


Macam-macam  Tanggung  Jawab

      a.       Tanggung  jawab  terhadap  diri sendiri
Tanggung  jawab  terhadap diri sendiri  menuntut  kesadaran setiap orang  untuk  memenuhi kewajibannya  sendiri  dalam  mengembangkan kepribadian  sebagai  manusia  pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut  sifat dasarnya manusia adalah makhluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, angan-angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang disengaja maupun tidak.

      b.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.

      c.       Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku da perbuatannya harus di pertanggung jawabkan kepada masyarakat.

      d.      Tanggung jawab kepada bangsa/negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku, manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.

      e.       Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia dibumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran hukuman-hukuman tersebut akan segera diperingati oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai penciptanya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.


Contoh Tanggung Jawab

            Minki berniat untuk pergi menggunakan sepeda motor. Dalam pikiran Minki karena tujuannya dekat maka  tidak perlulah ia menggunakan helm dan ia juga tidak membawa STNK. Ketika hampir sampai di tujuan, ia di berhentkan oleh polisi dan ditilang. Minki merasa sangat menyesal tidak mengenakan helm dan tidak membawa STNK. Minki bertanggung jawab pada dirinya sendiri atas perbuatannya.


Pengertian Pengabdian

            Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun  tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.


Macam-macam Pengabdian

      1.      Pengabdian terhadap Tuhan yang MahaEsa
Yaitu penyerahan diri secara penuh terhadap Tuhan dan merupakan perwujudan tanggung jawabnya yang juga diikuti oleh pengorbanan.

      2.      Pengabdian kepada masyarakat
Ini timbul karena manusia dibesarkan dan hidup dalam masyarakat, sehingga sebagai perwujudan tanggung jawabnya kemudian melakukan pengabdian juga pengorbanan.

      3.      Pengabdian kepada raja
Yaitu suatu penyerahan diri secara ikhlas kepada rajanya, karena dianggap yang melindunginya, walaupun sekarang jarang terjadi.

      4.      Pengabdian kepada negara
Timbul karena seseorang merasa ikut bertanggung jawab terhadap kelestarian (kelangsungan) negara dan demi persatuan kesatuan bangsa. Contoh: Dalam usaha merebut kembali Irian Barat dari penjajah Belanda, banyak pemuda yang mendaftarkan diri menjadi sukarelawan.

      5.      Pengabdian kepada harta
Ini terjadi karena seseorang memandang bahwa harta yang menghidupinya, sehingga tindakan- tindakannya semata- mata demi harta. Kadang- kadang ia tanpa menyadari justru mengorbankan dirinya untuk mempertahankan hartanya, yang akhirnya tidak dapat menikmati hartanya.

      6.       Pengabdian kepada keluarga
Ini timbul karena keinginan untuk membahagiakan keluarga dengan terpenuhinya kebutuhan secara lahir dan batin secara layak.


Contoh Pengabdian dalam Kehidupan

            Seorang mahasiswa yang telah lulus, kemudian berusaha memajukan pendidikan di desanya dengan mendirikan sekolah, walaupun tanpa imbalan apapun, ia lakukan demi kemajuan desanya. Dengan begitu mahasiswa tersebut telah  mengabdi pada masyarakat.


Pengertian pengorbanan

            Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti perhembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.


Macam-macam Pengorbanan

·         Pengorbanan Tehadap Tuhan/Agama
·         Pengorbanan Terhadap Bangsa/Negara
·         Pengorbanan Terhadap Masyarakat
·         Pengorbanan Terhadap Keluarga
·         Pengorbanan Terhadap Diri Sendiri


Contoh Pengorbanan
            seorang ayah yang yang rela berkorban untuk mencari uang untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Untuk makan sehari-hari, untuk keperluan rumah tangga, untuk biaya sekolah anak-anaknya, dan untuk hal yang lainnya. Ia berkorban demi keluarganya.


Kesimpulan

Tanggung  jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja.
Macam-macam  Tanggung  Jawab yaitu, Tanggung  jawab  terhadap  diri sendiri, Tanggung jawab terhadap keluarga, Tanggung jawab terhadap masyarakat, Tanggung jawab kepada bangsa/negara dan Tanggung jawab terhadap Tuhan.
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun  tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
Macam-macam Pengabdian yaitu, Pengabdian terhadap Tuhan yang MahaEsa, Pengabdian kepada masyarakat, Pengabdian kepada raja, Pengabdian kepada negara, Pengabdian kepada harta dan Pengabdian kepada keluarga.
Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti perhembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.
Macam-macam Pengorbanan yaitu, Pengorbanan Tehadap Tuhan/Agama, Pengorbanan Terhadap Bangsa/Negara, Pengorbanan Terhadap Masyarakat, Pengorbanan Terhadap Keluarga dan Pengorbanan Terhadap Diri Sendiri.


Daftar Pustaka

Nugroho, Widyo dan Achmad Muchji. 1994. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Gunadarma



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 simple stories. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase