Senin, 02 November 2015

ILMU BUDAYA DASAR (paper 7)



Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal"  adalah sebuah entitas (Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik ) yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya."

Renungan adalah hasil dari merenung. Menurut KBBI 'renung' atau 'merenung' mempunyai dua arti: memandang atau diam sambil memikirkan sesuatu. Seseorang yang merenung biasanya sedang memikirkan sesuatu. Renungan sangat di perlukan oleh semua manusia. Karena di dalam renungan kita, kita berusaha menginstropeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan. Renungan juga bisa menghilangkan penat atau masalah yang ada di dalam hati. Karena umumnya setelah melakukan renungan hati yang sebelumnya gundah gulana menjadi lebih damai dan tenang.

            Keserasian berasal dari kata rasi yang artinya cocok, kena benar dan sesuai benar. Keserasian tak bisa terlepaskan dalam kehidupan manusia. Serasi atau keserasian tak hanya untuk antara manusia dengan manusia. Keserasian bisa juga di tujukan pada manusia dengan alam, manusia dengan mahluk hidup lainya, manusia dengan seni, dll.

Daftar Pustaka :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 simple stories. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase